Sttpa Usia 4-5 Tahun

- Setelah sebelumnya anda membaca tentang STTPA  USIA 0-6 TAHUNSelanjutnya admin bagikan mengenai STTPA  USIA 4-5 TAHUN.

Berikut untuk STTPA  USIA 4-5 TAHUN
Memanfaatkan   alat permainan di luar kelas STTPA  USIA 4-5 TAHUN












4. KELOMPOK USIA 4 –6 TAHUN
Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Usia 4 - 5 tahun
I.   Nilai Agama dan Moral
1. Mengetahui agama yang dianutnya
2. Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3. Mengucapkan doa sebelum dan/atau setelah melaksanakan sesuatu
4. Mengenal sikap baik/sopan dan buruk
5. Membiasakan diri berperilaku baik
6. Mengucapkan salam dan membalas salam
II. Fisik-motorik
A.  Motorik Kasar

.6.1.1.1  Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat  terbang, dsb
.6.1.1.2  Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
.6.1.1.3  Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
.6.1.1.4  Melempar sesuatu secara terarah
.6.1.1.5  Menangkap sesuatu secara tepat
.6.1.1.6  Melakukan gerakan antisipasi
.6.1.1.7  Menendang sesuatu secara terarah
.6.1.1.8  Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
B.  Motorik Halus

§ Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
§ Menjiplak bentuk
§ Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
§ Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan memakai aneka macam media
§ Mengekspresikan diri dengan berkarya seni memakai aneka macam media
§ Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus  (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
C.  Kesehatan  dan Perilaku Keselamatan

§ Berat tubuh sesuai tingkat usia
§ Tinggi tubuh sesuai tingkat usia
§ Berat tubuh sesuai dengan standar tinggi badan
§ Lingkar kepala sesuai tingkat usia
§ Menggunakan toilet  (penggunaan air, membersihkan diri) dengan pemberian minimal
§ Memahami aneka macam alarm ancaman (kebakaran, banjir, gempa)
§ Mengenal rambu kemudian lintas yang ada di jalan
IV. Kognitif
A.  Belajar dan Pemecahan Masalah

§ Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
§ Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
§ Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
§ Mengetahui konsep banyak dan sedikit
§ Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan aneka macam pemecahan masalah
§ Mengamati benda dan gejala  dengan rasa ingin tahu
§ Mengenal pola aktivitas dan menyadari pentingnya waktu
§ Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai penerima didik/anak/teman)
B.  Berfikir Logis

§ Mengklasifikasikan benda menurut fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
§ Mengenal tanda-tanda sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
§ Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
§ Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
§ Mengurutkan benda menurut 5 seriasi ukuran atau warna
C.  Berfikir Simbolik

§ Membilang banyak benda satu hingga sepuluh
§ Mengenal konsep bilangan
§ Mengenal lambang bilangan
§ Mengenal lambang huruf
II.   Bahasa
A.  Memahami bahasa

§ Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
§ Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
§ Memahami dongeng yang dibacakan
§ Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
§ Mendengar dan membedakan bunyi-bunyian dalam  Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)

B.  Mengungkapkan Bahasa

§ Mengulang kalimat sederhana
§ Bertanya dengan kalimat yang benar
§ Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
§ Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
§ Menyebutkan kata-kata yang dikenal
§ Mengutarakan pendapat kepada orang lain
§ Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
§ Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
§ Memperkaya perbendaharaan kata
§ Berpartisipasi dalam percakapan
C.  Keaksaraan

§ Mengenal simbol-simbol
§ Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
§ Membuat coretan yang bermakna
§ Meniru (menuliskan dan mengucapkan)  huruf  A-Z
V. Sosial-emosional
A.  Kesadaran Diri




§ Menunjukkan sikap mandiri  dalam menentukan kegiatan
§ Mengendalikan perasaan
§ Menunjukkan rasa percaya diri
§ Memahami peraturan dan disiplin
§ Memiliki sikap gigih (tidak gampang menyerah)
§ Bangga terhadap hasil karya sendiri
B.  Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
§ Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
§ Menghargai keunggulan orang lain
§ Mau berbagi, menolong, dan membantuteman
C.  Perilaku Prososial
§ Menunjukan antusiasme dalammelakukan permainan kompetitif secara positif
§ Menaatiaturan yang berlakudalamsuatupermainan
§ Menghargai orang lain
§ Menunjukkan rasa empati
VI. Seni
A.  Anak bisa menikmati aneka macam alunan lagu atau suara

§ Senang mendengarkan aneka macam macam musik atau lagu kesukaannya
§ Memainkan alat musik/instrumen/benda yang sanggup membentuk irama yang teratur

B.  Tertarik dengan aktivitas seni
§ Memilih  jenis lagu yang disukai
§ Bernyanyi sendiri
§ Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
§ Membedakan tugas fantasi dan kenyataan
§ Menggunakan dialog, perilaku, dan aneka macam bahan dalam menceritakan suatu cerita
§ Mengekspresikan  gerakan dengan irama yang bervariasi
§ Menggambar objek di sekitarnya
§ Membentuk menurut objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
§ Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif  yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
§ Mengkombinasikan aneka macam warna dikala menggambar atau mewarnai

Sama pentingnya, STTPA  USIA 5-6 TAHUN

Demikian artikel anggunpaud terkait dengan STTPA  USIA 4-5 TAHUN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Anekdot Tk/Ra Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Sttpa Usia 4-5 Tahun

Surat Edaran Dinas Pendidikan Mengenai Tindakan Pengamanan Ancaman Banjir Di Kab. Hsu